Saturday, February 12, 2011

ADA APA DENGAN CINTA



Ada Apa dengan Cinta? (bahasa InggrisWhat's Up with Love?bahasa Jepang:Ganbare, Ai dan Beautiful Days) adalah sebuah film Indonesia karya Rudi Soedjarwo yang diluncurkan pada 8 Februari 2002 (5 hari sebelum Imlek) dan dibintangi Nicholas Saputradan Dian Sastrowardoyo.
Film ini meraih sukses besar di Indonesia, dan bersama film Petualangan Sherina (2000), menandai kebangkitan kembali dunia perfilman IndonesiaAda Apa dengan Cintaditayangkan di berbagai negara, termasuk Malaysia dan Jepang.

RINGKASAN CERITA
Bertemakan cinta di masa-masa SMAAda Apa dengan Cinta menampilkan Cinta (Dian Sastrowardoyo) sebagai seorang pelajar SMA. Ia langganan juara lomba puisi di sekolahnya yang rutin diadakan tiap tahun. Cerita berawal dari Alya (Ladya Cherill) yang tubuhnya memar karena kerap dipukuli sang ayah yang kerap cek-cok dengan ibunya. Alya adalah sahabat karib Cinta dengan teman-temannya yang lain. Seperti Carmen (Adinia Wirasti), Maura (Titi Kamal), dan Milly (Sissy Priscillia).
Di sekolah, juara lomba puisi tahun ini akan diumumkan. Seluruh siswa yakin Cinta yang akan menjadi juara. Namun justru pemenangnya tahun ini adalah Rangga (Nicholas Saputra). Karena Cinta dan teman-temannya adalah pengurus mading sekolah, ia akan mewawancarai Rangga. Namun Rangga adalah tipe laki-laki pendiam, penyendiri dan "dingin". Saat Cinta berbicara dengan Rangga, ia melihat buku yang dipegang Rangga (buku AKU karya Syumandjaya). Lalu Cinta memberinya surat dan membuat Rangga emosi. Dan tanpa disengaja bukunya terjatuh. Cinta segera memungutnya. Dan membawa pulang buku itu untuk dibaca.
Cinta mengembalikan buku tersebut saat Rangga kebingungan mencarinya. Rangga pun berterima kasih pada Cinta. Semenjak itu mereka menjadi dekat. Rangga mengajak Cinta ke Kwitang, tempat ia membeli buku lama. Saat di Kwitang, Cinta teringat akan janji menonton konser bersama teman-temannya. Ia pun meninggalkan Rangga untuk menonton konser.
Pada suatu malam Rangga dan Cinta kencan di sebuah kafe. Namun sebelum Cinta berangkat, Alya menelepon untuk memintanya ke rumah. Namun Cinta berbohong bahwa ia akan pergi ke rumah sakit. Akhirnya Cinta pergi bersama Rangga. Di sana Cinta menyanyikan lagu yang dibuat dari puisi Rangga. Saat Cinta pulang, mama Cinta akan pergi menjenguk Alya di rumah sakit karena mencoba bunuh diri. Cinta menjadi sangat menyesal.
Keesokan harinya, Rangga menyapa Cinta. Namun Cinta justru berkata ketus agar Rangga tidak mendekatinya lagi. Rangga pun sepakat bahwa ia akan menjauh dari Cinta. Saat di rumah sakit Cinta berterus-terang pada Alya bahwa ia berbohong dan Alya pun tahu bahwa Cinta kencan dengan Rangga. Cinta tidak tahu bahwa saat ia berkata jujur, teman-temannya yang lain ada dibelakangnya. Cinta juga meminta maaf kepada teman-temennya yang lain.
Rangga yang saat itu akan berencana pindah sekolah ke Amerika Serikat, mencoba menelepon Cinta untuk berpamitan. Namun Cinta justru tetap menjauh dari Rangga. Carmen yang saat itu sedang latihan basket melihat Rangga berpamitan pada Pak Wardiman, sang penjaga sekolah. Ia pun segera memberitahukan teman-temannya.
Cinta yang menyadari cinta sejatinya itu, segera menyusul ke bandara. Namun mobil Milly terjepit mobil lain. Mereka meminjam mobil Mamet (Dennis Adhiswara). Di sana Cinta bertemu dengan Rangga. Ia meminta Rangga untuk membatalkan niatnya sekolah di luar negeri. Namun Rangga tetap pergi meninggalkan Cinta-nya. Ia memberi Cinta buku yang pada halaman terakhirnya terdapat puisi Rangga yang berjudul "Ada Apa dengan Cinta?". Rangga berjanji akan kembali di saat bulan purnama tiba.

KARAKTER
PeranDiperankan olehKarakter
CintaDian SastrowardoyoSiswi SMU yang cantik. Memiliki 4 sahabat dekat. Ia selalu menjuarai lomba puisi disekolahnya.
RanggaNicholas SaputraLaki-laki yang pendiam, cenderung dingin. Menyukai buku sastra lama.
AlyaLadya CherillSahabat Cinta yang berasal dari keluarga berantakan. Saat ia mencoba bunuh diri, ayahnya meminta maaf, namun sang ibu memutuskan untuk berpisah dari sang ayah.
CarmenAdinia WirastiPerempuan tomboy. Ia sangat perhatian pada teman-temannya. Hobi sekali bermain bola basket.
MauraTiti KamalSahabat Cinta yang cantik dan agak centil.
MillySissy PriscilliaSahabat Cinta yang polos, lugu, dan agak lemot. Tingkahnya selalu mengundang tawa.
BorneFabian RicardoSiswa yang menyukai Cinta. Saat ia melihat Rangga dekat dengan Cinta, ia terbakar api cemburu. Ia dan teman-temannya segera mengeroyok Rangga.
MametDennis AdhiswaraLaki-laki yang juga mencintai Cinta. Sifatnya yang polos cenderung culun, membuat ia kerap diusili temannya.
Pak WardimanMang DimanPenjaga sekolah yang dekat dengan Rangga. Ia yang mengirimakan puisi yang dibuat Rangga.


ALBUM SOUNTRACK
Ost. Ada Apa dengan Cinta? album lagu tema film 2002Ada Apa dengan Cinta? yang dibintangi oleh Dian Sastro dan Nicholas Saputra yang dinyanyikan oleh Melly Goeslaw. Namun untuk hits singel dalam lagu yang berjudul sama, Ada Apa dengan Cinta?dinyanyikan Melly berduet dengan Erick, penyanyi pendatang baru. Namun tidak semua lagu dinyanyikan oleh Melly, seperti lagu Tentang Seseorang,walau diciptakan oleh Melly, tetapi dinyanyikan oleh Anda "Bunga". Soundtrack film ini diproduseri oleh Melly Goeslawdan Anto Hoed.

Daftar lagu


Ada Apa Dengan Cinta 

ost. Ada Apa Dengan Cinta

SERIAL ADA APA DENAGN CINTA
Serial TV Ada Apa dengan Cinta? adalah kelanjutan dari film Ada Apa dengan Cinta?dengan versi sinetron. Dibintangi oleh sepuluh orang pemain utama yang didapat melalui proses audisi dan masa karantina dalam acara AAdC? 10 Bintang. Sinetron ini diproduksi sebanyak 104 episode atau selama 2 tahun, namun kesuksesan filmnya tidak berlanjut pada sinetronnya.

RINGKASAN CERITA
Awal cerita bermula dari Cinta (Ririn Dwi Ariyanti) yang menunggu kepulangan Rangga (Revaldo) yang bersekolah di Amerika Serikat. Rangga berjanji akan pulang setelah bulan purnama (lihat filmnya). Dan Cinta selalu memperhatikan bulan purnama. Hal ini membuat keempat sahabatnya merasa aneh dengan sifat Cinta. Salah seorang sahabat Cinta yang bernama Alya (Syarmi Amanda) kini tinggal bersama ibunya. Orangtua Alya yang kerap bertengkar memutuskan untuk berpisah. Selain itu ada pula seseorang yang mengirimi Cinta surat yang berisikan pujian padanya dengan tanda tangan bertuliskan Dimitria. Cinta saat itu kerap datang kesebuah kafe dan berkenalan dengan seorang pelayan yang bernama Taura (Andrew White). Hubungan merekapun semakin dekat,karena Cinta merasa sia-sia menantikan Rangga yang tidak jelas kapan akan kembali.
Sahabat Cinta yang lain, Milly (Nadia Saphira mulai dekat dengan seorang laki-laki bernama Indra (Sandy Tumiwa). Namun ternyata Maura (Esticka) juga menyukai Indra. Sedangkan Carmen (Olivia Zalianty) tengah dekat dengan Mamet (Dwi Andhika) yang awalnua sangat dibencinya. Cinta yang pada saat itu telah mengetahui bahwa sebenarnya Dimitria adalah Taura, mulai menjalani hubungan. Dilain pihak, Rangga telah kembali. Namun ia tidak langsung menemui Cinta dikarenakan Rangga sempat memergoki Cinta dan Taura berdekatan. Dan Rangga berjumpa dengan seorang wanita yang bernama Putri (Jeany Wass).

PEMAIN
PeranDiperankan oleh
CintaRirin Dwi Ariyanti
RanggaRevaldo
AlyaSyarmi Amanda
CarmenOlivia Zalianty
MauraEsticka
MillyNadia Saphira
TauraAndrew White
MametDwi Andhika
IndraSandy Tumiwa
PutriJeany Wass
Pak TaufikYadi Timo




AADC (Serial TV)

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...