Thursday, February 24, 2011

MUSE

Muse adalah grup musik rock alternatif asal Inggris. Band ini dibentuk di Devon pada tahun1994. Anggota band ini terdiri dari tiga orang, yaitu Matthew Bellamy (vokalisgitaris,pianis), Dominic Howard (drummer), dan Chris Wolstenholme (bassis). Muse memilikigenre musik yang memadukan rockrock progresifmusik klasik, dan elektronika. Muse juga dikenal dengan konser live yang memukau, bercirikan permainan yang energik dan efek visual yang mengagumkan.[1] Muse telah merilis empat album rekaman, dimulai dengan Showbiz pada tahun 1999, diikuti Origin of Symmetry di tahun 2001Absolution di tahun 2003Black Holes & Revelations di tahun 2006 dan album terbarunya The Resistance di tahun 2009. Sepanjang kariernya, Muse telah memenangkan berbagai penghargaan termasuk 5 MTV Europe Music Awards, 5 Q Awards, 4 NME Awards dan 2Brit Awards.



E.P. dan Showbiz (1998-2000)

Setelah beberapa tahun membangun komunitas penggemar, Muse memainkan konser-konser pertama mereka di London dan Manchester. Band ini lalu bertemu dengan Dennis Smith, pemilik perusahaan rekaman Sawmills, yang bermarkas di CornwallInggris.
Pertemuan ini akhirnya dilanjutkan dengan rekaman resmi pertama Muse, yaitu E.P. self-titled (berjudulkan nama band) yang menggunakan label Sawmills, Dangerous.[4] Lalu E.P. ke-2 mereka, Muscle Museum, meraih peringkat ke-3 pada tangga lagu indie dan mendapat perhatian dari jurnalis musik Inggris yang berpengaruh, Steve Lamacq, serta majalah musik mingguan Inggris, NME. Dennis Mills lalu membantu membangun perusahaan musik Taste Media, yang dibuat khusus untuk Muse (Muse menggunakan label ini untuk 3 album pertama mereka). Ini merupakan hal yang sangat menguntungkan untuk Muse karena mereka dapat mempertahankan keunikan musik mereka pada awal karier mereka.
Walaupun E.P. ke-2 mereka cukup sukses, banyak perusahaan rekaman Inggris tetap enggan mendukung Muse, dan banyak orang di industri musik menganggap musik Muse terlalu mirip dengan Radiohead sebagaimana halnya band-band baru asal Inggris lain saat itu. Namun, perusahaan Amerika Serikat Maverick Records mempromosikan Muse untuk tampil beberapa kali di Amerika Serikat hingga akhirnya mengontrak mereka pada tanggal 24 Desember 1998.[5] Sepulangnya dari Amerika, Taste Media mendapatkan kontrak untuk Muse di perusahaan-perusahaan rekaman di Eropa dan Australia. John Leckie, yang menjadi produser album untuk Radiohead, Stone Roses"Weird Al" Yankovic dan The Verve, dijadikan produser album pertama Muse, Showbiz.[4][2]
Peluncuran album ini diikuti dengan penampilan pendukung pada tur band Foo Fighters dan Red Hot Chili Peppers di Amerika Serikat. Pada tahun 1999 dan 2000, Muse bermain pada beberapa festival musik di Eropa dan Australia, dan mengumpulkan banyak penggemar baru di Eropa Barat.

Origin of Symmetry dan Hullabaloo Soundtrack (2001-2002)

Album ke-2 mereka, Origin of Symmetry, dengan John Leckie sebagai produser, berisikan musik yang lebih berat dan gelap, dengan suara bass yang dalam dan terdistorsi. Muse bereksperimen dengan alat-alat musik yang tidak biasa digunakan, seperti organ gereja,Mellotron, dan peralatan drum tambahan. Muse lebih banyak mengandalkan suara tinggi Bellamy, dengan alunan arpeggio gitar dan permainan piano yang terdengar jelas, yang terinspirasi dari gerakan Romantisme khususnya musikus Rusia Sergei Rachmaninoff danTchaikovsky. Beberapa lagu seperti "Space Dementia" memiliki unsur klasik yang lebih kental oleh musik Rachmaninoff. Bellamy juga menyatakan adanya pengaruh dari gitaris ternama Jimi Hendrix dan Tom Morello (gitaris Rage Against The Machine dan Audioslave) dalam melodi gitar pada beberapa lagu terakhir dalam album ini.[6] Terdapat pula daur ulang dari lagu "Feeling Good", yang aslinya dibuat oleh Anthony Newley dan Leslie Bricusse dan dipopulerkan oleh Nina Simone.
Origin of Symmetry memperoleh penilaian yang beragam dari berbagai kritikus musik. Dean Carlson dari Allmusic menilai permainan Muse terlalu menyerupai Radiohead, dan menganggap lagu-lagu mereka terlalu berlebihan dan sulit diterima."[7] Sebaliknya, Roger Morton dari NME memberikan nilai 9/10 untuk album ini, mengomentari sisi yang gelap dan berani dari Muse, bahkan menilai bahwa Bellamy lebih 'gila' dari Thom Yorke, vokalis Radiohead.[8] Album ini berpotensi untuk membuat Muse semakin terkenal di Amerika Serikat, tapi Maverick tidak setuju dengan gaya vokal Bellamy yang dianggap tidak cocok untuk penyiaran radio dan meminta MUSE untuk mengubah beberapa lagu mereka sebelum dirilis di Amerika Serikat. Muse menolak permintaan ini dan meninggalkan perusahaan rekaman Maverick, yang mengakibatkan tidak dirilisnya album Origin of Symmetry ini di Amerika (album ini akhirnya dirilis di daerah tersebut pada 20 September 2005, setelah Muse menjalin kontrak dengan Warner).
Penampilan Muse selama promosi album Origin of Symmetry berhasil menarik banyak pengemar dan membangun reputasi Muse sebagai band dengan penampilan live yang luar biasa. Reputasi ini membawa Muse untuk merilis Hullabaloo SoundtrackDVD yang berisi penampilan mereka di Le Zenith di Paris,Perancis pada tahun 2001. Lalu secara bersamaan, mereka juga merilis album ganda yang berisi B-side dan rekaman dari penampilan di Le Zenith. Album ganda single A-side juga dirilis, dengan dua lagu baru yaitu In Your World dan Dead Star, yang berbeda dengan gaya opera lagu-lagu lain pada Origin of Symmetry.
Pada edisi Februari 2006 majalah Q Magazine, album Origin of Symmetry berhasil menempati peringkat ke-74 pada daftar 100 album terbaik sepanjang masa menurut penggemar.
PERSONIL BAND

Personil tambahan

Berikut personil tambahan yang sering muncul pada beberapa penampilan konser Muse:
  • Morgan Nicholls – keyboard, vokal pendamping, bass, ukulele (2004, 2006 - sekarang)
  • Dan "the Trumpet Man" Newell – terompet (2006 - sekarang)

DISKOGRAFI

PENGHARGAAN
TahunPenghargaanKategoriWilayahKeterangan
2000NME AwardsBest New ArtistUnited Kingdom
2001Kerrang! AwardsBest British BandUnited Kingdom
2002Kerrang! AwardsBest British Live ActUnited Kingdom
2004Q AwardsInnovation AwardUnited Kingdom
Kerrang! AwardsBest AlbumUnited Kingdom
Q AwardsBest Live ActUnited Kingdom
MTV EMABest AlternativeEropa
MTV EMABest UK & Ireland ActEropa
2005BRIT AwardsBest Live ActUnited Kingdom
NME AwardsBest Live ActUnited Kingdom
mtvU Woodie AwardsBest InternationalAmerika Serikat
2006Q AwardsBest Live Act[9]United Kingdom
MTV EMABest AlternativeEropa
Kerrang! AwardsBest Live Act[10]United Kingdom
BT Digital Music AwardsBest Rock ArtistUnited Kingdom
UK Festival AwardsBest Rock Act[11]United KingdomUntuk Reading and Leeds Festivals 2006
UK Festival AwardsBest Headline Act[11]United KingdomUntuk Reading and Leeds Festivals 2006
Vodafone Live Music AwardsBest Live Act[12]United Kingdom
2007BRIT AwardsBest Live Act[13]United Kingdom
NME AwardsBest British Band[14]United Kingdom
BT Digital Music AwardsBest Rock Artist[15]United Kingdom
Vodafone Live Music AwardsTour of the Year[16]United Kingdom
Q AwardsBest Live Act[17]United Kingdom
MTV EMAHeadliner[18]Eropa
MTV EMABest UK & Ireland Act[18]Eropa
mtvU Woodie AwardsBest Performing[19]Amerika Serikat
2008Meteor Music AwardsBest International Live Performance[20]IrlandiaUntuk Oxegen 2007
NME AwardsBest Live Band[21]United Kingdom
MTV Asia AwardsBring Da House Down[22]AsiaUntuk Muse Asia Tour 2007
invicible
interlude
Uno

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...