Friday, June 3, 2011

Cheonggukjang : Makanan “Ajaib” Pengurang Resiko Kanker Payudara

from missjutek@hallyucafe via The Chosun Ilbo & Wikipedia-korea-fans forum|shared by koreabanget!
http://4.bp.blogspot.com/-KNPm-Gq51is/TempumXiKvI/AAAAAAAAVO4/JS5GQvs6Qjo/s1600/cheonggukjang1.jpg
Dalam sebuah penelitan terbaru mengenai makanan tradisional Korea, cheonggukjang, yang dibuat dari kacang kedelai yang telah difermentasikan, terbukti bahwa makanan ini dapat mengurangi resiko perkembangan sel-sel kanker payudara.

Kim Han-bok, seorang professor di bidang bioteknologi di Hoseo University, mengatakan beberapa komponen dari pasta kacang kedelai dapat membantu menekan pertumbuhan sel-sel kanker payudara.

Ia dan timnya mengambil ekstrak dari makanan tersebut dan mencampurkannya pada sel-sel kanker payudara. Hasil dari pengetesan tersebut memperlihatkan bahwa beberapa sel kanker tersebut berhenti berkembang, dan tim peneliti juga menemukan 91 macam DNA berbeda yang dapat membantu pencegahan pertumbuhan sel kanker.

Prifessor Kim juga mengatakan bahwa memakan cheonggukjang secara teraatur dan sesuai porsinya dapat membantu meringankan peradangan.

Cheonggukjang ini terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan selama 2-3 hari, tanpa memberinya garam. Berbeda dengan pasta kacang kedelai yang biasa digunakan untuk membuat Doenjang jjige yang dihalusakan, dalam membuat Cheonggukjang ini kacang kedelainya tidak dihancurkan sama sekali. Bahan makanan lain yang ditambahkan untuk membuat Cheonggukjng ini biasanya adalah kentang, bawang bombay dan tahu. Makanan ini biasa disajikan di rumah keluarga Korea pada saat musim dingin.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...