Friday, January 28, 2011

Sungkyunkwan Sacandal


Sungkyunkwan Scandal diangkat dari sebuah novel The days of Sungkyunkwan Confucian Scholars dan The days of Kyujanggak Gakshins, bercerita tentang empat pemuda yang masuk sebuah universitas ternama, yaitu Sungkyunkwan. Disaat adiknya sedang sakit dan keluarganya sedang mengalami kesulitan keuangan, Kim Yoon Hee memutuskan untuk menyamar menjadi seorang pria dengan menggunakan identitas adiknya. Di sana dia berteman dengan Lee Sun Joon yang cerdas dan taat hukum, Moon Jae Shin yang pemberontak, dan si playboy Gu Yong Ha.
Setelah saya menonton drama ini hingga episode 12, saya benar-benar terkesan dengan drama ini. Bukan karena para tokoh utamanya tampan atau cantik, tetapi drama ini menggambarkan keadaan politik tidak jauh berbeda dengan Indonesia saat ini. Seperti perebutan kekuasaan berbagai partai dengan intrik-intrik politiknya, ketidak adilan antara si kaya dengan si miskin, belum terjadinya kesetaraan gender yang belum terjadi, dan masalah lainnya.


Mengapa Kim Yoon Hee harus menyamar sebagai pria (Kim Yoon Shik)?
Kim Yoon Hee harus menyamar sebagai seorang pria dikarenakan Sungkyunkwan hanya menerima para pria untuk menjadi mahasiswanya. Padahal, dia juga cukup pintar untuk memasuki universitas tersebut. Pada jaman Joseon (Korea), belum terjadi kesetaraan gender.
Kemudian, Kampus Sungkyunkwan dipenuhi dengan kekuasaan politik. Pengaturan kamar asrama pun ditentukan sesuai partai yang dipilih keluarganya. Di sini terlihat sekali konflik Partai Soron dengan Partai Noron (kalau di Indonesia partai apa ya?).
Saya juga suka dengan metode belajar yang ada di Sungkyunkwan. Terdapat para guru besar yang memiliki metode unik dan Raja Joseon juga ikut memantau langsung serta memberikan ujian pada para mahasiswa. Para mahasiswa juga sering menemukan kejadian yang nyata terjadi di masyarakat dan menyampaikan pada raja.
Bagi anda yang tertarik dengan politik tetapi belum terlalu paham dengan politik, saya sarankan untuk menonton drama ini. Karena ceritanya dikemas secara ringan, kita dapat dengan mudah mencerna pelajaran yang diberikan.
Bagi anda yang mempunyai koneksi internet, anda bisa menyaksikannya dikimchidrama.blogspot.comSemoga drama ini bisa ditayangkan di Indonesia dan menyadarkan kita supaya tidak ada lagi atau setidaknya mengurangi ‘drama’ lembaga-lembaga negara kita.
Selamat menyaksikan. :)

sungkyunkwan Scandal

ost.sungkyunkwan scandal -JYJ

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...