Sunday, January 16, 2011

To Liong To (kisah Pedang Pembunuh Naga)

Waduuhh balik lagi nich ma cerita Jadul Pedang Pembunuh laga yang sempet ngetrend dan diperanin ma Tony Lung. Hehheheeee..
Masih ada yang inget gag ma cerita ini?yang lagunya dinyanyiin ma artis jamdul dijamannya si MErry Andani..
walah opo eneh iki. Kloo mw ayukz simak baik2 storynya bareng ma aq 

STORY :
Ada sebuah legenda, pedang surga dan golok pembunuh Naga. Siapa yang memiliki keduanya akan menguasai dunia. Golok tersebut jatuh pada Singa Bulu Emas yang kemudian menjadi buta setelah di khianati oleh gurunya. Karena kehilangan keluarganya dia menjadi marah dan membunuh semua yang menghalangi jalannya hingga dirinya menjadi buronan. Tio Buki adalah seorang anak yang mengetahui dimana golok pembunuh naga berada dan Singa rambut emas berada. Harus menerima fakta ayah dan Ibunya bunuh diri demi melindunginya dan keberadaan golok pembunuh naga.

Ini dia.....Heaven Sword ato pedang langit, kalo di serial To Liong To kan jadi pusaka perguruan Gobi (yang anggotanya cewek semua). Diceritakan itu pedang peninggalan pendiri perguruan, yaitu Kwee Xiang (putri kedua Kwee Ceng yang sempet dirawat dan disayang banget oleh Yoko - Kisah Pendekar pemanah rajawali, dan Kisah Pendekar Rajawali).

Kalo mau tau kok pedang langit bisa sampe ada di Gobi, sedangkan golok pembunuh naga ada di tangan Cia Shun *Singa Emas*. Di bagian prolog To Liong To, disebut ada seorang panglima perang yang menyimpan sebuah kitab perang yang super hebat (lupa gue nama kitapnya apa, yg jelas bukan Sun Tzu...ini murni fiksi khayalan ChinYung).

Karena takut terjadi pemberontakkan dan perebutan kitab. Panglima itu menempa 3 buah senjata......1 pedang tipis, 1 pedang tebal dan berat, serta 1 golok. Dan kitab itu di pisah menjadi 3 bagian, serta ditanam/dimasukkan kedalam ke 3 pusaka itu. So ada rumor beredar, barang siapa bisa menemukan 3 pusaka itu, akan menyatukan dunia (pemerintahan baru). Sehingga semua orang memperebutkannya....padahal, kalo pun ada kitabnya, belum tentu bisa menerapkan strategi di dalamnya.

2 pusaka itu, yang dikenal orang baru pedang langit, ama golok pembunuh naga. Pedang langit, dimiliki oleh Gobi. Karena bekingnya kuat, orang ga berani mengambilnya. Sedangkan Golok Pembunuh Naga....Cia Sun juga mendapatkannya dari ngerebut dari orang lain. Karena dalam pengasingan (terpisah dari Ming Clan, padahal dia adalah salah satu dari 4 duta besar Ming Clan - aliran sesat no 1). So, Golok Pembunuh Naga diperebutkan orang.

Di Kisah To Liong To.
ThioBuki tanpa sengaja menemukan goa tempat penyimpanan 3 pusaka itu. Tapi yang dia temukan cuma 2 pedang palsu, dan 1 pedang tebal yang ga bisa dia pake buat bertarung. Dari situ, dia menemukan rahasia sesungguhnya dari rumor :PENYATUAN DUNIA: yang ga lain cuma omong kosong buat dia. Apalagi saat dia melihat sudah ada orang lain yang pernah datang ke tempat itu sebelumnya. Itu dilihat dari raibnya 2 pusaka lain, yang salah satunya dia tau ada di Cia Sun, bapak angkatnya...yang semasa kecil dia tinggalkan bersama ortunya seorang diri di sebuah pulau terpencil. Ada ceritanya sendiri kenapa ortunya dan Cia Sun bisa sampe terdesak dan melarikan diri ke Pulau.

Buki, memahami kalo orang yang menemukan 3 pusaka itu pertama kali pun menganggap kitab itu ga bisa dipahami, cuma juga khawatir kalo sampe jatuh ke tangan orang yang paham, dan lalim. Jadi sengaja diambil 2 dan disisihkan 1...biar keliatan membinggungkan. Dan selamanya ga akan kepikir kalo kitab ada 3 bagian.
Buki yang jenius kan nemunya jadi cuma.....1 kitab yang udah dikeluarkan, dan 1 pedang berat yang ga bisa dipake, dan 2 pusaka sampah. Cuma dia tau....kitab itu, bukan kitab kungfu, dan masih ada sambungannya....alias to be continue.

Nah, kalo di berbagai versi film.....kurang dibahas siapa yang nemuin 3 pusaka itu pertama kali. Yang dibahas umum cuma masalah rumor kosong yang ternyata disebar oleh ...aduh siapa itu namanya, penjahat yang ngumpet jadi biara shaolin. Pokoknya dia yang sengaja nyebar gosib. Sehingga semua orang ribut, sampe-sampe semua dunia kang ouw rusuh.

Kalo di novel....Chin Yung mengarahkan pembaca, bahwa orang yang nemuin pusaka itu adalah YOKO!!!! Yang kemudian, mengambil 1 pedang, dan 1 golok saja. 1 pedang dia kasih ke sepupu kesayangannya Kwee Xiang, dan goloknya dia biarin muter di dunia kang ouw. Dan saat Buki ngotot membawa 1 pedang berat saat akan meninggalkan goa, untuk ditunjukkan ke kalayak ramai, bahwa percuma orang2 memburu bapak angkatnya demi Golok pembunuh naga, karena "ISI" yang dianggap bisa menyatukan dunia, sebenarnya mitos, atau bahkan sudah ngga ada lagi di dunia ini.
Saat keluar goa, Buki ketemu sama 1 cewek yang bilang. Itu punya bokapnya dan minta diberikan. Saat Buki menjelaskan "rahasia", wanita itu juga bilang dia udah tau dari bokapnya. Karena diyakinkan kalo itu memang pedang bapak cewek itu, dan diberi jaminan bahwa Kang Ouw akan reda masalahnya...Buki kasih pedang beserta bagian kitab itu. "Buat dihancurkan dan di jadiin bahan sembayang di kuburan kuno" itu ucapan cewek itu yang cuma muncul sekali itu saja di sepanjang kisah.

Cuma darisitu yah, misteri udah terkuak, dan tugas Buki tinggal cari dalang penyebar rumor.

Sampe akhirnya tamat deh.


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...