Saturday, April 30, 2011

Antara Lady Diana dan Kate Middleton

SUDAH hampir 30 tahun berlalu sejak Pangeran Charles dan Lady Diana Spencer menyatakan ”saya bersedia”. Dalam hitungan beberapa hari ke depan, tepatnya 29 April 2011, giliran putra mereka, Pangeran William, mengucapkan janji serupa dengan tunangannya, Catherine Middleton.

Lady Diana
Charles dan Diana menjalani pernikahan yang megah. Pernikahan William dan Kate pun tak kalah megah. Menarik untuk menelusuri persamaan dan perbedaan di antara dua pernikahan megah ini.

Diana adalah putri Earl Spencer Ke-8, mantan ajudan Ratu, dan menghabiskan masa kecil di kediaman keluarga di Althorp, daerah elite dekat Northampton. Orangtuanya bercerai dan masing-masing menikah lagi. Diana punya dua saudara perempuan, Jane dan Sarah, serta saudara laki-laki, Charles. Dia bersekolah di sekolah wanita West Heath dan menamatkan pendidikan di Swiss.

Sementara itu Catherine Middleton atau Kate lahir di Reading, Berkshire. Dia putri Michael dan Carole Middleton yang memiliki perusahaan Party Pieces. Kate mempunyai saudara perempuan, Pippa, dan saudara laki-laki, James. Mereka sekeluarga tinggal di rumah dengan lima kamar di kawasan Berkshire, Bucklebury. Dia bersekolah di Downe House, Newbury dan melanjutkan ke Marlborough College sebelum memulai studi di Universitas St Andrews pada tahun 2001.

Kate Middleton
Charles dan Diana menikah di St Paul’s Cathedral pada 29 Juli 1981, yang dilanjutkan dengan resepsi pernikahan di Istana Buckingham. Kue pengantin bertingkat setinggi lima kaki dibuat khusus oleh David Avery. Ada sekitar 3.500 tamu undangan dan diperkirakan 750 juta orang menyaksikan pernikahan ini di penjuru dunia.

William dan Kate akan menikah di Westminster Abbey pada 29 April, yang dilanjutkan jamuan makan oleh mempelai di Istana Buckingham dan resepsi pernikahan pada malam harinya. Akan ada dua kue pengantin: kue pengantin tradisional bertingkat dengan berbagai buah yang dibuat oleh Fiona Cairns dan kue biskuit cokelat McVitie, kegemaran William.

Sekitar 1.900 tamu undangan dijadwalkan hadir dan diperkirakan lebih dari 2 miliar orang dari penjuru dunia menyaksikan acara ini melalui TV atau internet.

Saat menikah, Lady Diana Spencer (20) mengenakan gaun sutera taffeta berenda, dengan ekor sepanjang 7,5 meter, rancangan David dan Elizabeth Emanuel. Diana didampingi dua laki-laki pengiring dan lima wanita pendamping. Cincin pertunangannya bermatakan berlian dan safir 18 karat, yang didesain oleh Garrad dan harganya mencapai 28.000 poundsterling (sekitar Rp 398 juta).

Kate (29) diperkirakan melangkahkan kaki ke altar dengan gaun rancangan desainer Inggris Sarah Burton, direktur kreatif dari label Alexander McQueen. Dia akan diiringi oleh empat wanita pendamping dan dua laki-laki pengiring.

Pangeran William mempersembahkan cincin pertunangan milik mendiang ibunya saat melamar. Teman-teman Kate mengatakan, pengantin wanita akan melakukan tata riasnya sendiri pada hari pernikahan.

Gaun pengantin Diana mengantarkan dia menjadi seorang ikon berbusana. Dia menyukai perancang asal Inggris, seperti Bruce Oldfield, Amanda Wakeley, dan Catherine Walker. Pada tahun-tahun berikutnya, dia juga menggunakan busana dari label Eropa, seperti Versace, Christian Lacroix, dan Chanel.

Adapun Kate menggabungkan gaya busana santai dengan rancangan desainer dan sering kali dipadupadankan dengan bot-selutut favoritnya dari LK Bennett.

Dia menyukai rancangan Diane von Furstenberg, Burberry dan Alice Temperley serta dari toko-toko seperti Whistles dan Jigsaw. Namun, busananya yang paling populer adalah busana pertunangan yang berwarna biru dan busana merah muda yang digunakan ke acara dansa Boodles Boxing—keduanya dirancang oleh Issa.

Romantis

Charles dan Diana hanya berhubungan selama lebih kurang enam bulan sebelum Charles melamar Diana saat makan malam romantis berdua di Istana Buckingham. Pasangan ini telah mengenal satu sama lain sejak kecil melalui hubungan keluarga dari Diana—saudara laki-lakinya, Charles Spencer, adalah cucu baptis dari Ratu Elisabeth II. Namun, Diana dan Pangeran Charles baru berhubungan serius setelah bertemu kembali di Balmoral pada Juli 1980.

Kate dan William bertemu pada tahun pertama di St Andrews ketika mendalami History of Art. Kemudian mereka tinggal satu atap dengan sesama pelajar lain. Selain dari perpisahan singkat pada 2007, mereka sudah menjalin hubungan selama delapan tahun sebelum bertunangan. Sang Pangeran melamar di tempat peristirahatan alam ketika liburan di Kenya.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...